Sekilas Tentang Simeulue



Kabupaten Simeulue dengan ibukota Sinabang adalah pulau yang terletak di Samudra Hindia tepatnya berjarak kurang lebih 105 mil laut dari darat Sumatra, Indonesia. Simeulue termasuk satu dari 23 kabupaten/ kota yang terdapat di provinsi Aceh. Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari kabupaten Aceh Barat, resminya Simeulue menjadi kabupaten yaitu tanggal 12 Oktober 1999.

Logo Kabupaten Simeulue

Pembentukan kabupaten Simeulue tertuang dalam Undang-Undang Nomor 48 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Simeulue.

Jumlah Kabupaten

Jumlah kecamatan sejak resmi menjadi kabupaten hingga saat ini berjumlah 10 kecamatan, antara lain ;
  1. Alafan
  2. Salang
  3. Simeulue Barat
  4. Simeulue Tengah
  5. Simeulue Timur
  6. Simeulue Cut
  7. Teupah Barat
  8. Teupah Tengah
  9. Teupah Selatan
  10. Teluk Dalam


Budaya
Masyarakat Simeulue mempunyai adat dan budaya tersendiri berbeda dengan saudara-saudaranya di daratan Aceh, salah satunya adalah seni Nandong, suatu seni nyanyi bertutur diiringi gendang tetabuhan dan biola yang ditampilkan semalam suntuk pada acara-acara tertentu dan istimewa. Terdapat pula seni yang sangat digemari sebagian besar masyarakat, seni Debus, yaitu suatu seni bela diri kedigjayaan kekebalan tubuh terutama dari tusukan bacokan pedang, rencong, rantai besi membara, bambu, serta benda-benda tajam lainnya, dan dari seni ini pulalah para pendekar Simeulue acap diundang ke mancanegara.
Bahasa
Terdapat tiga bahasa utama yang dominan dalam pergaulan sehari-hari yakni bahasa Devayan, bahasa Sigulai, dan bahasa Leukon. Bahasa Devayan umumnya digunakan oleh penduduk yang berdomisili di Kecamatan Simeulue Timur, Teupah Selatan, Teupah Barat, Simeulue Tengah, Teupah Tengah dan Teluk Dalam. Bahasa Sigulai umumnya digunakan penduduk di Kecamatan Simeulue Barat, Alafan dan Salang. Sedangkan bahasa Leukon digunakan khususnya oleh penduduk Desa Langi dan Lafakha di Kecamatan Alafan. Selain itu digunakan juga bahasa pengantar (lingua franca) yang digunakan sebagai bahasa perantara sesama masyarakat yang berlainan bahasa di Simeulue yaitu bahasa Jamu atau Jamee (tamu), awalnya dibawa oleh para perantau niaga dari Minangkabau dan Mandailing.
Referensi ; simeuluekab.go.id,  wikipedia

TERPOPULER

Bagaimana Saya Bisa Mengunjungi Simeulue ?

Daftar Nama Desa dan Dusun Dalam Kecamatan Teupah Tengah

Nama Kecamatan di Simeulue dan Ibukotanya

Transportasi Laut Yang Digunakan Tujuan Simeulue

Nama Desa dalam Kecamatan Teluk Dalam