Transportasi Laut Yang Digunakan Tujuan Simeulue

Bagi kamu yang berencana mengujungi Simeulue, jenis transportasi laut yang umum digunakan dari Simeulue ke daratan pulau Sumatra atau sebaliknya adalah kapal ferry yang dikelola oleh PT. ASDP Indonesia Ferry. Ada dua kapal ferry yang melayani penumpang dari dan ke Simeulue-Labuhan Haji, yaitu KMP. Labuhan Haji dan KMP. Teluk Sinabang.

KMP. Teluk Sinabang - www.indonesiaferry.co.id


Selain KMP. Labuhan Haji dan KMP. Teluk Sinabang, ada juga kapal yang melakukan pelayaran dengan rute Simeulue – Singkil atau sebaliknya, yaitu KMP. Teluk Singkil. Dengan demikian, ada tiga kapal jenis roro yang melayani penumpang dan pengangkutan kenderaan serta barang tujuan Simeulue.

Waktu perjalanan Simeulue – Labuhan Haji/ Labuahan Haji – Simeulue sekitar 8 – 9 jam dan 11 jam tujuan Simeulue – Singkil/ Singkil Simeulue, lumayan lama ya ?. Maklum saja, kecepatan kapal dengan tenaga 750 GT ini sekitar 15 knot sedangkan jarak yang diarungi sekitar 105 mil laut (± 194 kilo meter). 

Untuk menghilangkan rasa jenuh menunggu kapal sandar di pelabuhan tujuan, setiap kapal (KMP. Teluk Labuhan Haji, KMP. Teluk Sinabang dan KMP. Teluk Singkil) terdapat cafe yang bisa menjadi tempat mengisi waktu perjalanan. Beragam jenis makanan dan minuman tersedia di cafe yang dikelola oleh ABK (anak buah kapal), mulai dari kopi, teh, serta minuman kemasan. Sedangkan untuk makanan, juga terdapat berbagai jenis cemilan ringan seperti  kacang-kacangan, kue, kerupuk hingga cup mie. Penumpang juga bisa membeli makanan kesukaan di kios/ toko sekitar pelabuhan sesaat sebelum keberangkatan kapal untuk dimakan sendiri atau bersama teman maupun keluarga dalam perjalanan.
KMP. Labuhan Haji - www.indonesiaferry.co.id/

Selain cafe, di atas kapal ferry juga terdapat televisi yang menayangkan beragam program-program televisi dalam dan luar negeri serta musik digital yang siap mendendangkan seiringan alunan gelombang laut. Selain itu, ada juga tempat beribadah bagi penumpang yang hendak menunaikan ibadah shalat, tepat di sisi belakang ruang penumpang kelas ekonomi terdapat mushola yang berukuran sekitar 3 x 5 meter.
Lihat Jadwal Kapal Ferry di SINI
Bagi penumpang yang membawa kenderaan bermotor, mobil dan truk, Anda bisa memarkirkan kenderaan pada tempat yang disediakan dengan membeli tiket kenderaan terlebih dahulu diloket penjualan tikel sekitar pelabuhan. Untuk harga tiket kenderaan dengan penumpang bervariasi, tergantung jenis dan ukuran kenderaan, berikut perkiraan harga tiket kenderaan sebagaimana dikutip dari laman indonesiaferry.co.id
  • Golongan I - Sepeda : Rp24,000
  • Golongan II - Sepeda Motor (<500CC) : Rp 55,000
  • Golongan III - Sepeda Motor (>=500CC) : Rp 124,000
  • Golongan IVa - Mobil/Sedan (<=5m) : Rp 558,000
  • Golongan IVb - Mobil Barang (<=5m) : Rp 558,000
  • Golongan Va - Bis Sedang (<=7m) : Rp 638,000
  • Golongan Vb - Truk Sedang (<=7m) : Rp 638,000
  • Golongan VIa - Bis Besar (<=10m) : Rp 1,257,000
  • Golongan VIb - Truk Besar (<=10m) : Rp 1,257,000
  • Golongan VII - Truk Trailer (<=12m) : Rp 3,019,000
  • Golongan VIII - Truk Trailer (<=16m) : Rp 3,622,000
Sedangkan harga tiket penumpang tanpa kenderaan, sebagai berikut :
  • Dewasa : mulai dari Rp. 44.000
  • Anak-Anak : Rp. 26.000
Harga tiket penumpang diatas, bisa saja berbeda dengan harga yang tertera diloket, kemungkinan disesuaikan dengan retribusi, asuransi dan sebagainya yang berlaku tiap daerah.                                                                             

TERPOPULER

Bagaimana Saya Bisa Mengunjungi Simeulue ?

Daftar Nama Desa dan Dusun Dalam Kecamatan Teupah Tengah

Nama Kecamatan di Simeulue dan Ibukotanya

Nama Desa dalam Kecamatan Teluk Dalam